Home

Sabtu, 17 November 2012

Mengembalikan Data pada Harddisk / Flashdisk yang Terformat

Posted by ADS Blog | On: , | 0 komentar
Ok! Sudah cukup sering aku mendapatkan pertanyaan dari banyak orang, “PAK HARDDISKKU KEFORMAT, GIMANA NGEMBALIKAN DATANYA?” (dengan expresi wajah horor). Ya memang kejadian harddisk / flashdisk (HD/FD) yang terformat bisa menjadi horor bagi banyak orang, siapa yang ga kelabakan jika di dalam HD/FD terdapat file yang lebih berharga daripada nyawa orang (halah lebay :D ) tiba – tiba lenyap tak berbekas.

Aku sendiri dulu pernah mengalami HD 160 GB yang isinya full download-an film Hollywood yang telah kudownload selama berbulan – bulan tiba – tiba lenyap tak berbekas, ketika HD-nya kuakses muncul pertanyaan “Do you want to format it now?”


Gimana rasanya? Rasanya seperti baru putus pacaran sama Agnes Monica (wakakaka tambah lebay :D ), keringat dingin mengucur deras dari dahi turun ke jempol kaki. Ya memang sih banyak yang membuka jasa untuk mengembalikan data – data yang hilang, tapi harganya ituloh yang bikin males. Nah sebelum kita membuat dompet menjadi kering ada baiknya kita coba sebuah: “Program Pengembali Data yang Hilang” (pake logatnya Doraemon :D ), namanya adalah EaseUS Data Recovery Wizard Profesional.

Nah tutorial kali ini aku mengorbankan FD Kingstone DataTraveler C10 8GB, kuformat habis dan kita lihat apakah datanya masih bisa dikembalikan.
Ok ini tutorialnya:
  1. Langkah paling penting / penyelamatan pertama pada HD/FD yang terformat adalah JANGAN PERNAH SEKALIPUN MENGGUNAKAN HD/FD ITU UNTUK MENYIMPAN DATA  LAIN sebelum data yang hilang ditemukan, jika sudah terlanjur menggunakannya maka kemungkinan menemukan data yang hilang juga semakin kecil.
  2. Download program EaseUS Data Recovery Wizard Profesional disini http://www.4shared.com/file/yNvABBjO/fo-drw55.html atau http://www.indowebster.com/download/files/fo_drw55
  3. Install dan buka program tersebut.
  4. Ada 3 pilihan mode yang bisa kita gunakan untuk mengembalikan data, langsung aja kita pilih “Partition Recovery” untuk mengembalikan semua data yang hilang.
  5. Beri centang pada “Search for all Lost File type” lalu klik NEXT
  6. Pilih partisi yang ingin kita recovery lalu klik NEXT
  7. Biarkan proses pencarian bekerja, semakin banyak file yang ditemukan / semakin besar kapasitas HD/FD  prosesnya juga akan semakin lama.
  8. Pilih partisi dengan “Suggestion High” lalu NEXT
  9. Centanglah pada folder yang menurut kalian hilang tapi ditemukan kembali, lalu NEXT
  10. Pilihlah folder untuk membackup data – data yang ditemukan, jangan meletakkan data yang ditemukan pada HD/FD yang sedang di-recovery
  11. Tunggu proses recovery sampai selesai, semakin banyak file yang direcovery maka proses juga akan semakin lama

Nah masih ingat dengan ceritaku diatas yang tentang HD isi film hilang semua, ternyata semua film bisa diselamatkan dan tidak ada satu filmpun yang corrupt alias bisa di-play semua.

Oh ya program ini juga bisa mencari pada HD/FD Linux type format Ext
OK! Selamat mencoba :)

Sumber
Klik
Klik

0 komentar:

Posting Komentar